Blender3D Logo |
Hai, bertemu lagi dengan saya XD, dalam pokok bahasan saya kali ini, saya akan menjelaskan tentang "Dasar-dasar menggunakan Blender 3D",, cekidott
Siapa yang tak kenal dengan Blender 3D??, ya, Blender3D adalah perangkat lunak terbuka grafika 3D komputer. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan lain lain.
Nah langkah-langkah yang kamu harus pahami terlebih dahulu yaitu "Keyboard Shortcut" ini dia yang akan kita bahas pada artikel ini XD.
• TAB key – Berfungsi untuk mengubah antara “edit mode” dan “object
select mode”.
• “A” key – Berfungsi untuk memilih semua vertices yang terdapat pada
sebuah obyek.
• “B” key – Berfungsi untuk memilih banyak obyek dengan menggunakan
windows drag.
windows drag.
• “O” key –Berfungsi untuk mengaktifkan “proportional vertex editing” pada
“edit mode”.
• Space bar – Berfungsi untuk menampilkan menu tool.
• Number pad – Berfungsi untuk mengontrol view.
“7” untuk “top”
“1” untuk “front”
“3” untuk “side”
“0” untuk “camera"
“5” untuk “perspective”
“.” Untuk memperbesar obyek yang telah dipilih.
“+” dan “-“ untuk memperbesar atau memperkecil.
“7” untuk “top”
“1” untuk “front”
“3” untuk “side”
“0” untuk “camera"
“5” untuk “perspective”
“.” Untuk memperbesar obyek yang telah dipilih.
“+” dan “-“ untuk memperbesar atau memperkecil.
• Shift key – Berfungsi untuk memilih obyek lebih dari satu dengan cara
menahan tombol Shift dan Klik kanan.
menahan tombol Shift dan Klik kanan.
• “R” key – Berfungsi untuk merotasi sebuah obyek atau vertices.
• “S” key – Berfungsi untuk mengatur skala sebuah obyek atau vertices.
• “G” key – Berfungsi untuk memindahkan sebuah obyek atau vertices.
• “P” key – Berfungsi untuk memisahkan vertices yang dipilih menjadi sebuah
obyek didalam “edit mode”.
obyek didalam “edit mode”.
• Shift + “D” – Berfungsi untuk menduplikat sebuah obyek atau vertices.
• “E” key – Berfungsi untuk meng-extrude vertices yang telah dipilih didalam
“edit mode”.
• “U” key – Didalam “object mode” berfungsi untuk menampilkan Single-
User menu, sedangkan didalam “edit mode” berfungsi sebagai “undo”.
User menu, sedangkan didalam “edit mode” berfungsi sebagai “undo”.
• “M” key – Berfungsi untuk memindahkan obyek ke layer lain. Didalam “edit
mode” berfungsi sebagai “Mirror”.
• “Z” key – Berfungsi untuk merubah view dari wireframe menjadi solid.
• Alt + “Z” – Berfungsi untuk merubah view tekstur atau tembus pandang.
• “N” key – Berfungsi untuk menampilkan info sebuah obyek dalam bentuk
numeric.
• Ctrl + “J” – Berfungsi untuk menggabungkan obyek.
• Alt + “A” – Berfungsi untuk menjalankan animasi.
• “F” key – Berfungsi untuk membuat sebuah sisi pada “edit mode”.
• “X” atau Delete – Berfungsi untuk menghapus obyek, vertices, atau sisi.
• Function keys –
F1 = Load File
F2 = Save
F3 = Save Image
F4 = Lamp Buttons
F5 = Material Buttons
F6 = Texture Buttons
F7 = Animation Buttons
F8 = Real Time Buttons
F9 = Edit Buttons
F10 = Display Buttons,
F11 = Last Render
F12 = Render.
F1 = Load File
F2 = Save
F3 = Save Image
F4 = Lamp Buttons
F5 = Material Buttons
F6 = Texture Buttons
F7 = Animation Buttons
F8 = Real Time Buttons
F9 = Edit Buttons
F10 = Display Buttons,
F11 = Last Render
F12 = Render.
• “I” key – Berfungsi untuk memasukkan animasi.
• Ctrl + “0” – Berfungsi untuk memilih sebuah camera.
Nah, sekian dari saya,Salam.
Artikelnya bagus.. Sangat bermanfaat
ReplyDeleteTerimakasih gan😂
Delete